Manfaat Mengkudu Yang Perlu Anda Ketahui

Tahukah anda tentang fakta menarik dari mengkudu? Ya, buah yang memiliki bentuk unik dan bau yang tidak sedap ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Banyak orang menilai bahwa mengkudu ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki buah yang tidak enak untuk dikonsumsi. Itu memang benar, namun dibalik bentuknya yang kurang menarik dan baunya yang tidak sedap banyak sekali manfaat mengkudu untuk kesehatan bahkan juga dapat membantu menyembuhkan penyakit.

Tanaman mengkudu tumbuh di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 meter. Tinggi pohon mengkudu ini sendiri dapat mencapai hingga 3 sampai 8 meter. Mengkudu termasuk buah majemuk, untuk yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki bintul - bintul dan untuk yang tua berwarna putih dengan bintik - bintik hitam. Jadi cukup mudah untuk membedakan mengkudu ini sudah siap di petik atau belum karena perbedaan fisik sudah sangat jelas. Banyak sekali manfaat mengkudu untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena di dalamnya terdapat zat yang dapat menyeimbangkan dengan sempurna antara vitamin, mineral, asam amino, peptida dan enzim.
  2. Sebagai anti inflamasi. Yang dimaksud anti inflamasi ini adalah sebuah zat dimana nantinya akan mencegah terjadinya peradangan.
  3. Membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  4. Sebagai obat penghilang rasa sakit.
  5. Membantu meredakan nyeri sendi.
  6. Melawan kuman. Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada di dalam mengkudu memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan anti parasit.
  7. Sebagai obat anti kanker.
  8. Membantu mengendalikan tekanan darah.
  9. Mencegah hipertensi atau darah tinggi.
  10. Membantu menyembuhkan demam.
  11. Menyembuhkan sakit perut.
  12. Meredakan batuk.
  13. Menghilangkan sisik pada kaki.
  14. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  15. Mengobati tumor.

Itulah beberapa manfaat mengkudu yang bisa anda simak. Jika anda memiliki masalah mengenai beberapa penyakit yang telah di utarakan di atas, anda bisa mengkonsumsi mengkudu untuk membantu proses penyembuhan secara alami.

1 komentar:

  1. Thanks gan infonya, baca juga ya http://www.klikenter.com/kandungan-manfaat-dan-khasiat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan.html

    BalasHapus