Manfaat Mengkudu Untuk Mengobati Kanker

Mengkudu atau pace memiliki nama latin Morinda citrifolia L  merupakan salah satu obat tradisional yang memiliki banyak khasiat. Seluruh bagian tanaman mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai obat. Seperti akarnya dapat digunakan untuk mengobati kejang- kejang dan tetanus, menurunkan tekanan darah, obat demam, dan tonikum. Kulit batang digunakan untuk obat malaria, tonikum, antiseptik pada luka, atau mengempiskan pembekakan pada kulit. Daunnya dapat digunakan untuk obat disentri, kejang usus, pusing, muntah - muntah dan demam. Buahnya dapat dugunakan untuk peluruh air kencing, urus - urus, pelembut kulit, kejang - kejang, bengek, ganguan pernafasaan, dan radang selaput sendi.

Semakin banyaknya penelitian mengenai manfaat mengkudu, mengkudu juga dapat digunakan untuk obat kanker. Zat antikanker yang terdapat dalam mengkudu antara lain :

  • Polisakarida yang banyak terdapat pada mengkudu dapat digunakan untuk mencegakmenempelnya sel yang rusak/ bermutasi ke sel lain, sehingga dapat mencegah terjadinya metastase
  • Damnacanthal, sejenis anthaquinon dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel ganas dan menghentikan aliran darah ke jaringan tumor, sehingga dapat menghentikan perkembangannya.
  • Epigollocatechin gallate (EGOg), merupakan antioksidan golongan flavonoid polifenol yang banyak terdapatr dalam mengkudu dapat digunakan untuk mencegah mutasi sel dan menginduksi apoptosis pada sel- sel abnormal.
  • Terpenoid dalam mengkudu mencegah pembelahan sel ganas dan juga menginduksi apoptosis. Salah satu terpenoidnya, limonen yang terbukti efektif untuk mengatasi kanker payudara, kanker liver, kanker paru dan juga leukimia. Terpenoid yang lain, betakaroten, membantu merangsang kelenjar thymus untuk memproduksi lebih banyak sek limfosit T yang dapat langsung menghancurkan sel kanker. Sedangkan asam ursolat juga termasuk dalam golongan triterpenoid dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel abnormal kanker.
  • Proxeronine, di dalam usus proxeroine diubah menjadi xeronine yang juga diproduksi tubuh dalam jumlah terbatas ini dibutuhkan untuk mengaktifkan protein sel sebelum digunakan dalam seluruh proses kimiawi tubuh. Xeronine juga memperbaiki struktur dan menormalkan fungsi sel- sel tubuh yang rusak karena pada dasarnya setiap sel mengandung protein, maka kecukupan xeronine dapat memperbaiki segala jenis sel yang tidak normal.

Itulah yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi mengkudu. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat mengkudu lain yang bisa anda dapatkan. Bagi anda yang memiliki keturunan atau sudah terlihat gejala - gejala mengenai penyakit kanker segera cegah dengan mengkonsumsi mengkudu. Cegah sejak dini dan tangani gejala yang ada sesegera mungkin. Baca juga berbagai manfaat mengkudu lainnya pada artikel berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar